05
Jul
10

Gasterachanta kuhli, si Laba-laba “muka kucing” ^^

Pagi itu tanggal 7 Juni 2010 aku sedang di rumah,,, Jalan-jalan di kebun belakang rumah, jepret,,,jepret,,,

Gasterachanta kuhli-Kulon Progo

Lho opo iki? Ak melihat laba-laba yang bentuknya aneh, menurutku sih mirip wajah kucing,,, J Baru pertama kali ini aku melihatnya. Unik. Biasanya laba-laba ya kayak gitu2 aja bentuknya, atau mungkin memang laba-laba umum tapi aku kurang memperhatikannya. Soalnya ukurannya kecil. Lihat saja perbandingan ukurannya sama tutup lensa berdiameter 58 mm hampir sama dengan huruf “o” gede sedikit.

Penasaran sama laba-laba aneh ini. Tak cari di mbah gugel..picture arachnidae,, Wah cuma nemu satu foto yang mirip.. Bedanya warna durinya merah.. Namanya laba-laba punggung duri Gasterachanta…. Punggung duri mungkin karena lancip2nya itu,,

Gasterachanta kuhli-Kulon Progo

Searching lagi di fobi.web.id ternyata gak ada. Hmm tak uplod aja di sini, biar diiden oleh pak bas,,  Esok harinya ternyata udah muncul folder baru di fobi, namanya Gasterachanta kuhli…ooo.. Cari lagi di mbah google foto Gasterachanta kuhli. Muncul banyak foto, ternyata ada juga yang berwarna kuning dan bermacam-macam lainnya.

Sekilas tentang laba-laba “muka kucing” ini. Semua laba-laba masuk ke dalam ordo Araneae dan jenis ini termasuk sub ordo Araneomorphae atau jenis laba-laba modern. Habitatnya di kebun, lahan kosong, dan hutan sekunder. Ukurannya memang kecil sekitar 5-8 mm untuk jantan dan 4 mm untuk betina.

Subhanallah,, Salah satu dari sekian banyak makhluk ciptaan Allah yang mempesona ada di kebun belakang rumahku.. 🙂


0 Tanggapan to “Gasterachanta kuhli, si Laba-laba “muka kucing” ^^”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


Juli 2010
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Peta Pengunjung

RSS Berita Kompas

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.